Pemkot Bandung Keluarkan Aturan Pengurangan Kantong Plastik

Bandung – Pemkot Bandung resmi menerapkan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik atau kresek. Keberadaan sampah kantong plastik yang tidak bisa dimusnahkan ini apabila dibiarkan bisa merusak lingkungan.

Hasil kesepakatan bersama persetujuan Perda tersebut diputuskan saat sidang paripurna di Gedung Paripurna DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh, Senin (24/9/2012).

“Plastik kan tidak bisa dimusnahkan. Kalau tak bisa dimusnahkan, tentunya merusak lingkungan,” ujar Walikota Bandung Dada Rosada kepada wartawan usai rapat.

Dada mengaku mengkhawatirkan sampah plastik yang mudah ditemukan bertebaran di berbagai lokasi. Maka itu, sambung dia, pemberlakuan mengurangi penggunaan kantong plastik ini perlu segera dilakukan mulai di lingkungan masyarakat hingga tempat-tempat perbelanjaan.

“Ya jelas (mengkhawatirkan), di mana-mana sampah itu berbahaya. Apalagi sampah plastik, banyak. Sampah plastik lebih parah. Berbeda kalau sampah kertas yang bisa hancur,” tutur Dada.

Lebih lanjut Dada menerangkan, penerapan yang dilakukan nanti yakni melakukan pengawasan mulai produsen kantong plastik, hingga ke masyarakat penggunanya. Ia pun meminta masyarakat turut mendukung Perda Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

“Ini ‘kan Perda, tentu sanksi administratif ada. Sekarang ini hanya baru pengurangan penggunaan kantong palstik, beda kalau nanti tercantum kata-kata pelarangan,” tutup Dada.

Sumber: Detik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s