Peta Hijau Persampahan

Kota Bandung dengan berbagai aktivitasnya menghasilkan timbulan sampah yang besar akibat tingginya pola konsumsi masyarakat. Selain itu, TPA yang beroperasi untuk melayani kota Bandung saat ini hanya TPA Sarimukti yang terletak di Kabupaten Bandung. TPA ini mempunyai kapasitas yang lebih kecil dari TPA sebelumnya yaitu TPA Leuwi Gajah. Hal ini memberatkan pengelola persampahan karena disadari TPA Sarimukti tidak mempunyai kapasitas yang cukup untuk menampung semua timbulan sampah yang berasal dari Kota Bandung. Hal tersebut menyebabkan penanganan sampah di Kota Bandung ini menjadi masalah yang sulit diatasi.

Peta Hijau tematik Persampahan Kota Bandung adalah salah satu opsi solusi masalah persampahan di atas. Bentuknya berupa peta geografis yang dilengkapi ikon-ikon bermakna khas di bidang lingkungan (persampahan) di Kota Bandung. Tujuan dari pemetaan ini yaitu untuk mengurangi timbulan sampah di Kota Bandung dengan memberikan alternatif pengelolaan sampah dengan cara reduksi, pemakaian kembali, dan daur ulang (3R) yang dapat diterapkan oleh masyarakat di kehidupan sehari-hari karena sebenarnya telah ada tempat-tempat yang melakukan 3R tersebut dan dipetakan dalam Peta Hijau ini.
Peta tersebut akan dibagi menjadi 6 seri yang terdiri dari beberapa kecamatan pada setiap serinya. Berikut 8 (delapan) jenis ikon persampahan yang akan dipetakan, sesuai ikon Green Map System dan pengembangan makna masing-masing ikon.

  • Usaha Produk Hijau (Kode: UPH)

Tempat layanan dan yang memproduksi atau menjual produk yang mengurangi sampah seperti reparasi barang, belanja dengan kemasan reuse atau dari bahan organis, berwawasan lingkungan dan berstandar ramah lingkungann, serta menawarkan reparasi barang.
Contoh: Perusahaan yang menjual barang/jasa yang berkaitan dengan proses reduksi, tempat (penjualan snack kering kiloan yang dapat dibeli tanpa bungkus plastik, reparasi tas, payung, sepatu, handphone, laptop dll), waralaba yang mendukung penggunaan kemasan kardus/kantung kain dll)

  • Tempat Barang Bekas (Kode: BB)

Tempat jual-beli, tukar- menukar barang bekas. Ada yang khusus barang tertentu seperti kertas, botol plastik, logam, dan elektronik saja, atau dapat menerima berbagai jenis.
Contoh: Lapak atau bandar botol plastik kemasan yang mendapat suplai dari pemulung, penjualan elektronik barang bekas seperti handphone dll.

  • Tempat Daur Ulang (Kode: DU)

Tempat menampung barang bekas yang dapat diolah kembali menjadi barang seperti semula atau barang jenis baru.
Contoh: Tempat daur ulang sisa plastik kemasan menjadi kerajinan tas, dompet, penjualan keset hasir daur ulang sisa kain bekas (sisa tekstil)

• Tempat Pendukung Pengomposan (Kode: TP)
Tempat layanan pengolahan sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan/dedaunan menjadi kompos, termasuk tempat penjualan peralatan dan bahan-bahan pengomposan.
Contoh: Tempat pengomposan skala RW atau kelurahan yang mengumpulkan sampah organik warga untuk diolah menjadi pupuk kompos melalui sistem pengomposan tertentu.

  • Organisasi Masyarakat (Kode: OM)

Tempat lembaga atau Organisasi Swadaya Masyarakat (LSM) yang mempunyai kepedulian terhadap pengolahan persampahan dan dapat menj.adi sumber informasi atau memberikan pelatihan pengelolaan skala rumah tangga dan komunitas

  • Sekolah Hijau (Kode: SH)

Sekolah yang memiliki komitmen terhadap pengelolaan sampah dan berwawasan lingkungan.
Contoh: Sekolah yang telah menerapkan sistem pemilahan sampah, memiliki sistem pengolahan sampah secara lokaltersendiri, melakukan penanaman pohon secara berkala, dll.

  • TPS Terpadu (Kode: TPS)

Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang memiliki kegiatan 3R dan pengomposan sehingga dapat menjadi contoh bagi TPS lainnya yang belum melaksanakannya.
Contoh: Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang telah memiliki sistem pengomposan sampah organik serta pemilahan sampah tertentu.

  • Informasi Lingkungan (Kode: IL)

Tempat pusat informasi ilmu dan teknologi di bidang lingkungan, khususnya yang terkait persampahan.
Contoh: Lembaga yang bergerak atau melakukan penelitian di bidang lingkungan khususnya persampahan.

Iklan